Selasa, 04 Januari 2011

Menjadi Seorang Yang Kreatif


Kreativitas bukanlah hanya untuk artis-artis saja. Ia menjadi sebagai batu loncatan untuk kesuksesan seseorang dalam segala bidang. Mereka yang tahu bagaimana menggunakan fikiran kreatif dalam menyelesaikan sesuatu masalah akan menjadi seorang yang paling cemerlang dalam karier, membina banyak bisnis yang menguntungkan dan sukses menarik banyak kawan-kawan yang bijak pandai.

Setiap orang mempunyai daya kreativitas yang tersendiri. Malangnya, mereka tidak belajar bagaimana cara untuk menggunakannya. Daya kreativitasas tersebut tersimpan didalam fikiran mereka, tidak digunakan setiap hari. Laporan ini membongkar rahasia bagaimana untuk menjadi seorang yang kreatif dan sukses!


Kebijaksanaan : Bagaimana Menggunakannya

“OH iya, kenapa aku tidak terfikir seperti itu?”
Bukankah itu yang selalu anda katakan apabila seseorang telah mendapat jawaban kepada masalah yang agak rumit? Apabila masalah seperti ini tidak bisa diselesaikan dengan biasa, orang kreatif tidak ragu-ragu untuk memikirkan dengan cara pendekatan yang berbeda.


Contohnya ialah Ulyssess S. Grant. Abraham Lincoln, presiden USA suka bercerita tentang Grant, semasa zaman kanak-kanaknya suka menggunakan akalnya untuk mengalahkan anak lembu yang tidak suka ditunggai siapapun. Anak lembu tersebut sangat keras kepala sehingga ia telah dibeli oleh seorang pemain sirkus, yang menawarkan hadiah kepada siapa saja yang berhasil menungganginya pada waktu yang ditetapkan.
Grant melihat beberapa anak muda yang lebih tua darinya dilempar keatas tanah oleh anak lembu tersebut apabila mereka mencoba menungganginya. Dia mencoba menaiki badan anak lembu itu dan berhasil bertahan beberapa waktu tetapi akhirnya terjatuh juga. Kemudian, dia menggunakan kebijaksanaannya. Selepas mendapat izin untuk mencoba lagi, kali ini dia akan menyelesaikan masalah ini dari sudut yang lain.

Daripada menunggang seperti biasa, dia melompat keatas badan lembu itu dengan terbalik, yaitu memandang kearah ekor dan bukannya kepala. Budak itu mencengkram perut anak lembu itu dengan kakinya dan memegang ekor lembu tersebut dengan kedua tangannya. Walau bagaimana pun cara lembu itu mengoncang dan menghentak, ia tetap tidak dapat menjatuhkan budak itu. Anak lembu itu berhasil dikalahkan dan Ulysses S. Grant dan memenangi hadiah. Setelah besar, Grant memasuki tentara dan mengetuai batalyon serta memenangi perang saudara.

Dari pengalaman Grant ini telah memberi dua fungsi penting tentang kreativitas;
1. Mencari jawaban yang pelik untuk satu masalah yang rumit.
2. Mencetuskan konsep baru.


Lengkapilah diri anda dengan kreativitas

Keyakinan adalah satu kunci kearah kreativitas. Apabila anda tahu bahwa terdapat satu cara untuk menyelesaikan masalah (walaupun anda belum tahu caranya) anda mendapat semangat untuk mencari jawabannya. Seseorang yang senantiasa memberikan ide-ide politik bukanlah lebih kreatif daripada kita semua. Mereka sebenarnya mempunyai keyakinan yang lebih banyak.

Bagaimana anda bisa mempunyai keyakinan seperti itu? Dengan mengetahui bahwa;
     “Terdapat penyelesaian bagi setiap masalah dan ide bagi setiap perkara”
Jika berkeyakinan adalah prinsip yang pertama, yang keduanya ialah fikiran(fikiran) yang bebas. Pencipta telepon, Alexander Graham Bell berkata:
Jangan selalu menggunakan jalan umum, pergilah dimana orang lain belum pernah pergi. Pergi ke suatu tempat yang anda tidak pernah pergi. Anda pasti akan berjumpa dengan sesuatu yang tidak pernah anda lihat sebelum ini. Satu penemuan akan membawa anda ke satu penemuan yang lain, dan tanpa anda sadari anda mempunyai sesuatu yang bagus untuk difikirkan. Semua penemuan yang penting adalah berasal daripada pemikiran.

Fikiran yang bebas tidak terbelenggu dengan cara yang biasa dilakukan. Walau apapun kata orang,  dia tahu terdapat jawaban bagi setiap masalah dan ide bagi setiap perkara, dan dia tidak takut untuk mencoba sekarang dengan beberapa bentuk kemungkinan yang akan terjadi.


Menyelesaikan Masalah Dengan Kreativitas

Terdapat satu cara untuk mempertingkatkan kreativitas anda dalam menyelesaikan apa pun masalah  itu. Mulailah dengan mengetahui rahasia ini ;

Apabila satu masalah itu tidak bisa diselesaikan dengan cara konvensional, biasanya itu adalah karena tiada rantai kaitan (missing link)

Masalah Grant yang tidak dapat bertahan lama diatas anak lembu tadi pada mulanya karena tiada tempat untuk berpegang. Itulah dikatakan tiada rantai kaitan. Oleh karena itu inilah langkah pertama yang perlu diambil untuk mencari penyelesaian kepada masalah sukar ialah menentukan apakah itu rantai kaitan yang tidak ada. Objektif anda adalah untuk mencari satu perkara, jika ia wujud akan menyelesaikan masalah. Jangan bimbang jika pada mulanya anda dapat mengadakan kaitan tersebut atau tidak. Hanya cari apakah ada kaitan atau tidak.

Pada tahun 1930 M, Aramco, perusahaan kerjasama Arab-American Oil Company memerlukan satu kendaraan yang dapat berjalan diatas padang pasir. Masalahnya ialah pasir tersebut yang menyebabkan ban kendaraan tenggelam dan tidak bergerak. Oleh karena tiada kajian yang dibuat keatas masalah ini, Mekanik Aramco, Richard Kerr tidak mempunyai data tehnik untuk membuat bentuk ban yang dapat mencengkram di atas padang pasir. Jadi, perkara pertama ialah mencari kaitan yang tiada (missing link) yaitu kurangnya data kejurutehnikan.

Langkah kedua ialah mencari jalan untuk mendapatkan data yang sesuai. Ujicoba adalah satu cara tetapi ia mengambil masa yang agak lama. Sedang beliau mencari ide untuk menyelesaikannya, satu cara ialah dengan meniru unta, yang tidak mempunyai masalah berjalan diatas padang pasir. Walaupun berat dan besar, unta tidak mudah untuk tenggelam dipadang pasir.

Walaupun ide itu agak gila, cengkraman yang digunakan oleh unta pastinya bisa digunakan oleh kendaraan. Dia mengukur luas kawasan bukaan kaki unta tersebut dan mengambil berat unta. Ini memberikan beliau data kejurutehnikan untuk menentukan bentuk dan tekanan roda yang diperlukan dipadang pasir. Akhirnya beliau sukses mencipta ban yang sesuai digunakan di padang pasir. Ban yang dicipta itu masih digunakan sehingga hari ini dipadang pasir oleh kendaraan-kendaraan komersial.

Teknik Missing Link adalah satu perkara penting yang perlu anda tahu untuk menyelesaikan apapun masalah yang timbul. Ia meningkatkan daya kreativitas anda dalam mencari penyelesaian yang mungkin tidak pernah anda fikirkan sebelumnya.


Bagaimana Mendapat Ide Kreatif

Kita sudah membicarakan dalam menggunakan kreativitas untuk menyelesaikan masalah. Sekarang bagaimana menggunakannya untuk mendapat ide, yang dapat memberi banyak peluang kepada kita.

Kebanyakan penemuan terulung didunia ini dijumpai dengan tidak sengaja. Isaac Newton terkejut apabila sebiji apel terjatuh keatas kepalanya, dimana kemudiannya telah menyebabkan dia menemui teori gravitasi. William H. Mason juga sedang mencoba untuk mencari cara untuk memanfaatkan tahi gergaji dari kayu balok. Selepas mengunjungi kawasan pembalokan, dia melihat banyak kayu yang dibuang. Dia mengambil semua kayu-kayu kecil dan disatukan untuk menjadi sekeping papan yang apabila diberi tekanan tinggi dapat memberikan satu panel kuat, seperti yang kita dapati hari ini yaitu playwood / triplek (bahasa jawa nya).

Ada satu penemuan dan ciptaan ditemui dengan cara yang tidak disengaja, dan ide yang asal mulanya dilupakan untuk meneruskan proyek baru yang lebih menguntungkan.

Ini memberikan satu penemuan kepada kita yaitu ide baru tidak pernah asli. Ia adalah gabungan dan rombakan daripada ide yang lain. Bill Gates tidak mencipta komputer seperti Steve Jobs (komputer Apple), tetapi menulis software untuk apple dan kemudian melihat peluangnya lebih cerah jika software itu bisa digunakan oleh semua jenis komputer. Kini Windows ciptaannya digunakan oleh hampir semua komputer didunia ini. Oleh karena itu mengapa anda perlu bersusah payah mencipta ide baru, sedangkan ide yang anda perlukan sudah wujud dalam keadaan yang berbeda? Fikirkan kemungkinan yang ada. Jangan tunggu sehingga anda mendapat inspirasi untuk mendapat ide kreatif, padahal anda bisa mencoba ide yang asal, rombaklah supaya menjadi satu keperluan yang anda inginkan.


Fikiran bawah-sadar (subconscious) :Memberikan anda ide dan penyelesaian

Sangat penting untuk diingat bahwa terdapat jawaban bagi setiap masalah dan ide bagi setiap keperluan. Mungkin anda tidak sadar, bahwa ide dan jawaban itu mungkin sudah disimpan dalam fikiran anda.

Para saintis telah membuat kajian dan menemukan 15 trilliun data telah disimpan dalam fikiran (fikiran) anda sepanjang hidup. Jika trilliunan data terdapat disini, berapa billion datakah yang bisa diwujudkan dengan kombinasi dari data-data tersebut. Dengan potensi ini, kemungkinan terdapat jawaban sangat tinggi.
Itu berita baiknya. Berita tidak baiknya ialah 90 persen dari informasi itu tersimpan dalam fikiran bawah-sadar (indra ke enam) anda, tiada cara yang mudah untuk membukanya. Ia keluar apabila ia mau dan tidak keluar pada masa anda sedang sadar dan membutuhkannya. Jadi apa yang perlu anda lakukan untuk mengambil data - data ini ialah dengan tidur! Banyak ide penting dan penemuan telah dibuat selepas anda tidur nyenyak. Anda seharusnya tahu bahwa ia datangnya dari fikiran bawah-sadar anda.

Bagaimana ia berlaku adalah seperti berikut ;

• Sewaktu anda sedang sadar dan berusaha untuk mencari jawaban kepada masalah anda, fikiran bawah-sadar anda juga sadar akan apa yang anda sedang cari.
• Fikiran bawah-sadar anda tidak pernah beristirahat, walaupun anda sedang tidur. Ia senantiasa memilih data-data yang tersimpan didalamnya.
• Menit, jam atau hari setelah anda berhenti dari memikirkan masalah tersebut, fikiran bawah-sadar anda akan memberikan jawaban sepintas kepada anda, Anda tiba-tiba mendapat ide baru, atau jawaban kepada masalah yang rumit sewaktu anda sedang membuat perkara lain.

Contohnya Sir Walter Scott mendapat ide baru apabila baru saja bangun dari tidur. Einstein dilaporkan mendapat ide terbaiknya sewaktu sedang mencukur jenggotnya. Thomas Edison pula setelah mencoba beberapa kali, akan berhenti selama 24 jam dan pada waktu itu dia akan menemui ide-ide baru. Mozart juga dikabarkan mendapat ide lagunya ketika sedang berdengkur. Apabila bangun, dia akan menulis nota lagu tersebut yang dia dapat sewaktu tidurnya.

Jangan salah, satu perkara yang perlu diambil perhatian: setiap orang diatas adalah mereka yang sangat pakar dalam bidang masing-masing. Mereka tidak menjadi genius dari ide yang datang sewaktu sedang tidur. Fikiran bawah-sadar hanya memilih informasi yang telah disimpan beberapa tahun dan melaporkan data tersebut seperti yang anda inginkan.

Oleh karena itu, informasi berharga yang anda peroleh ini perlu anda lakukannya sendiri. Tanpa tehnik-tehnik ini mungkin ide-ide kreatif anda akan tersimpan begitu saja.

contoh gambar kreatif dari sang imajiner :












sumber : ARMADA BLOBAL ENTERPRISE 2004

Tidak ada komentar: